Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Cache Laptop Agar PC Tidak Lemot

Cara Membersihkan Cache Laptop Agar PC Tidak Lemot

Laptop lemot merupakan kutukan bagi kita, sebab dengan lemotnya laptop maka kita akan kehabisan waktu-waktu penting untuk mengerjakan tugas dan menyelesaikan pekerjaan rumah yang kita miliki.

Namun tahukan sahabat Lastquestions bahwa salah satu hal yang membuat laptop lemot adalah karena file cache di laptop tidak dibersihkan?

Lho, kok bisa? Hal itu karena cache sendiri merupakan sampah di laptop yang umumnya tidak berguna. Cache kerap terjadi karena file yang kita kerjakan memiliki backup sehingga tidak rusak atau corrupt.

Namun sayang file-file tersebut sebenarnya telah tersimpan sehingga kita tidak lagi membutuhkan file cache tersebut lagi, dan karena itulah maka file cache sebaiknya dibersihkan sebelum menumpuk dan mengganggu kinerja laptop.

Lalu bagaimana cara menghapus sampah cache di laptop agar kinerja laptop tidak lemot? Berikut artikelnya.

Cara Menghapus Cache Laptop

Sebenarnya ada banyak cara untuk menghapus file cache di laptop, cara yang paling manual adalah dengan menuju Windows dan menuju file temp, kemudian menghapusnya disana. 

Namun karena cara itu bukan cara tercepat menghapus file cache di laptop dan membuat saya malas menulisnya, maka sebaiknya anda mengikuti cara saya yang ini karena lebih efisien.

Langkah-langkah cara menghilangkan cache di laptop

1. Buka ‘Run’ dengan menekan tombol Windows + R secara bersamaan

2. Ketik temp atau %temp% (Mereka berdua berbeda namun masih sama-sama cache laptop, jadi bisa dihapus juga)

cara membersihkan file cache laptop

3. Tekan enter

4. Anda akan menemukan file-file cache yang ada didalam laptop anda

5. Blok semua file tersebut

cara menghapus file cache laptop

6. Tekan tombol delete pada keyboard

7. Tekan continue

cara membersihkan sampah cache di laptop

8. Tunggu file cache tersebut terhapus semuanya

9. Skip kalau ada file bandel yang tidak mau dibersihkan

10. Selesai

Mengapa Cache Laptop Harus Dibersihkan?

File cache harus dibersihkan karena ia akan semakin lama semakin banyak, sehingga jika tidak dibersihkan maka nanti file cache tersebut akan sangat banyak dan membuat laptop keberatan dalam menjalankan sistem.

Hal tersebutlah yang kemudian membuat laptop terkadang lemot dalam menjalankan Windows dan bahkan membuat penyimpanan juga berkurang. Dan semakin sedikitnya penyimpanan membuat RAM tidak bisa efisien membaca data.

Itulah mengapa secara berkala anda mesti menghapus file cache yang ada didalam laptop anda agar laptop yang anda gunakan senantiasa bekerja dengan baik dan maksimal. Sebab ketika laptop anda bekerja dengan baik, maka anda tentu nyaman dalam menggunakannya.


Kesimpulan

File cache merupakan file yang terdapat didalam laptop dan mesti dibersihkan sebab jika tidak ia akan menumpuk dan membuat laptop menjadi berat dan lemot.

File cache mesti dibersihkan secara berkala, baik itu seminggu sekali atau sebulan sekali sebab jika tidak dibersihkan maka akan menghabiskan RAM laptop yang membuat laptop bergerak lambat.

Jadi tentunya, pastikan anda menghapus file cache yang anda miliki di laptop anda!

Sekian artikel tips laptop cara membersihkan file cache di laptop, semoga artikel ini membantu anda dalam membuat laptop anda bergerak dengan baik dan memiliki kinerja cepat.

Kami dari Lastquestions undur diri, dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk " Cara Membersihkan Cache Laptop Agar PC Tidak Lemot"