Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Menghemat Baterai Laptop Windows 7 dan Windows 10

 

4 Cara Menghemat Baterai Laptop Windows 7 dan Windows 10

Baterai laptop merupakan bagian penting didalam laptop sebab tanpa adanya baterai maka laptop yang anda gunakan tidak akan berfungsi. Laptop membutuhkan daya dalam menjalankan aktifitasnya sehingga baterai merupakan hal yang mesti dimiliki.

Tapi pernah gak sih anda berpikir, mengapa baterai laptop cepat habis? Tentu hal ini menjadi pertanyaan karena anda membutuhkan laptop untuk digunakan diluar ruangan, dan ketika anda sedang asyik-asyiknya bermain laptop, ia tiba-tiba mati.

Well, umumnya baterai laptop habis sebab karena daya tahan baterai hanya mampu sekuat itu, selain itu yang mempengaruhi mudahnya baterai laptop habis adalah karena penggunaan laptop yang berlebihan, baik itu seperti membuka banyak aplikasi dan lain-lain.

Itulah mengapa menghemat baterai laptop penting untuk dilakukan.

Tips laptop kali ini akan membahas tentang cara menghemat batre laptop agar anda senantiasa tenang dalam bermain laptop tanpa takut laptop anda tiba-tiba mati secara mendadak.

Penjelasan menghemat baterai laptop ini berlaku untuk semua laptop baik itu Acer, Asus, Lenovo, dll. Juga berlaku pada Windows 7, 8, 9, 10, dan 11. Bagaimana caranya? Berikut artikelnya.

Tips Menghemat Baterai Laptop

Ada beberapa tips untuk menghemat baterai laptop di Windows 7 dan 10, dan ini bekerja pada semua laptop maupun komputer. Cara tersebut diantaranya adalah:

1. Mengurangi Brightness Laptop

cara menghemat batre laptop
Brightness laptop


Cara menghemat baterai laptop windows 7 adalah dengan mengurangi brightness laptop maupun komputer yang digunakan.

Layar mengkonsumsi sebagian dari baterai laptop, dan semakin tinggi brightness laptopnya maka semakin tinggi pula pemakaian daya laptop yang membuat baterai laptop semakin cepat habis.

Cahaya yang dimiliki layar laptop juga beragam dan memiliki intensitas tertentu, namun jika anda ingin menghemat baterai laptop maka sebaiknya anda mengurangi brightness laptop dan menentukan cahaya sesuai kebutuhan anda.

Hal ini sangat baik bila anda ingin menghemat baterai disaat yang mendesak sebab dengan cara ini maka anda bisa menghemat baterai laptop dengan bijak.

2. Mengurangi Pemakaian Port

cara menghemat baterai laptop lenovo
Port laptop

Cara hemat baterai laptop windows 10 adalah dengan mengurangi pemakaian port pada laptop.

Laptop memang merupakan alat serbaguna sebab tidak hanya bisa digunakan untuk menjalankan aktifitas harian melainkan juga bisa digunakan untuk mengisi daya handphone.

Namun tahukah sahabat Lastquestions bahwa mengisi daya handphone melalui laptop membuat laptop mudah kehabisan baterai? Bahkan tidak hanya handphone loh, port laptop yang diisi akan dialirkan listrik oleh laptop sehingga baterai mudah habis.

Termasuk port audio dan earphone, VGA dan HDMI, dan tentunya juga USB. Itulah mengapa ketika anda sedang menggunakan laptop dan laptop mudah habis, anda perlu mengecek port laptop digunakan untuk apa.

3. Mengurangi Suara Sound Laptop

cara menghemat baterai laptop acer


Salah satu cara menghemat baterai laptop Lenovo adalah dengan mengurangi suara sound laptop.

Semakin besar suara maka semakin besar pula daya laptop yang digunakan, hal itu dikarenakan laptop akan mengalirkan listrik kepada sound laptop dengan lebih besar sehingga suara laptop akan lebih besar juga.

Diibaratkan bersuara, ketika kita ingin mengeluarkan suara yang lebih besar maka kita akan mengeluarkan tenaga yang lebih besar pula.

Maka dari itu, penting untuk mengurangi suara sound bila digunakan pada situasi mendesak guna mengurangi pemakaian baterai laptop.

4. Mematikan Aplikasi Yang Tidak Digunakan

cara menghemat daya baterai laptop
Aplikasi di laptop

Cara menghemat daya baterai laptop adalah dengan mematikan aplikasi laptop yang tidak digunakan saat menggunakan laptop.

Pernah nggak sih kita sedang mengerjakan tugas namun begitu banyak aplikasi yang kita buka, baik itu folder, aplikasi musik, aplikasi menonton film, Google Chrome, dan banyak lagi yang lainnya.

Namun tahukah sahabat bahwa hal tersebut nyatanya bisa mengurangi baterai laptop secara drastis? Lah, kok bisa?

Karena pada kenyataannya laptop akan mengirimkan daya juga kepada aplikasi tersebut, terlebih RAM laptop akan membaca aplikasi-aplikasi yang sahabat buka kendati hal tersebut tidak digunakan.

Itulah mengapa terkadang baterai akan sangat mudah habis diwaktu yang sangat mendesak dan anda tidak tahu mengapa. Dan maka dari itu, ketika anda sedang diluar ruangan dan menggunakan laptop untuk suatu keperluan yang sangat penting.

Maka dari itu, saya sarankan untuk mematikan aplikasi yang tidak digunakan agar baterai laptop anda tetap awet.

 

Kesimpulan

Baterai laptop merupakan hal yang penting dalam menjalankan aktifitas harian sebab tanpa adanya baterai maka laptop tidak bisa bekerja. Menghemat baterai laptop penting untuk dilakukan karena jika tidak menghematnya maka laptop bisa mati kapanpun dan dimanapun.

Untuk menghemat baterai laptop maka diperlukan beberapa cara yang diantaranya adalah mengurangi brightness laptop, mengurangi suara laptop, serta mematikan aplikasi laptop yang tidak diperlukan.

Begitulah Cara agar laptop hemat baterai sehingga anda tidak perlu panik saat laptop anda boros dalam baterai.

Maka dari itu sekian artikel 4 Cara Menghemat Baterai Laptop dari Lastquestions, semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menjaga laptop anda agar tidak mudah rusak.

Sekian dari kami, dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Posting Komentar untuk "4 Cara Menghemat Baterai Laptop Windows 7 dan Windows 10"