Analisis Niche Berita Untuk Blogger : Kelebihan dan Kekurangan Niche Berita
Analisis Niche Berita Untuk Blogger
Mungkin niche berita adalah niche yang paling sering dicari oleh Blogger, padahal bagiku sendiri ini adalah sebuah ranah untuk bunuh diri, seolah mengambil tali dan mengikatnya sendiri di tiang gantungan, dan diri kita tergelantung diatasnya.
Skeptis? Sangat. Sebab blog berita faktanya harus melawan website-website raksasa yang terus merajalela, seperti Kompas, Liputan6, IDNTimes, Kompas, sampai website yang saya suka, Tirto.Id.
Kita yang seperti pendatang seolah kecoak kecil yang menyentuh tanah dapur, sementara mereka adalah kucing-kucing yang siap menggenjet kita dengan satu tangan sehingga dalam satu kali sapuan, diri kita hancur menjadi remah.
Sudah berkali-kali para blogger datang ke medan perang ini dan pulang dengan tangan kosong, sebab blog niche berita sangat sulit untuk dijalankan. Selain kita yang harus melawan website-website raksasa, kita juga harus melawan blogger-blogger kecil yang memiliki ide yang sama dan menyebabkan kita sangat sulit bersaing dengan para raksasa itu sendiri.
Akan tetapi, banyak blogger awam yang sok jagoan menantang website-website tersebut, terlalu yakin pada diri mereka sendiri sampai pada akhirnya, mereka melangkah dengan stress yang tiada habisnya dan pulang dengan tangan kosong.
Dan bahkan tidak hanya itu, mereka menumpaskan kekesalan mereka dimana-mana, entah di dunia nyata maupun di dunia maya, mereka atas kegagalannya pada akhirnya menjadi seekor Monkey Donkey, menceritakan pengalaman kosong yang mereka miliki, lupa bahwasanya ada orang lain yang sukses pada bidang tersebut.
Blog berita untuk blogger awam yang bahkan tidak tahu cara kepenulisan adalah malapetaka, sebab blog berita harus real dan dapat dipercaya. Dan sekarang, saya tanyakan kepada anda; dapatkan anda mempercayai sebuah berita yang menggunakan domain Blogspot?
Bahkan Wikipedia saja yang menggunakan domain .com memiliki integritas yang sulit untuk dipercaya, bahkan haram hukumnya bagi anak perkuliahan untuk mengambil sumber di Wikipedia, dan bahkan, mereka dituntut untuk mengambil darimana Wikipedia mengutip pendapat itu sendiri.
Lihat? Wikipedia saja bisa dicampakkan, Dan anda datang ke dunia niche berita dengan menggunakan blogspot? Anda pasti bercanda.
Maaf saya skeptis, dan bisa saja anda akan sangat sakit hati dengan apa yang saya tulis. Akan tetapi, beginilah kenyataannya, lebih baik anda mengetahui medan apa yang akan anda tempuh daripada sok jagoan membawa diri anda ke medan itu dan pada akhirnya membuat diri anda terbunuh.
Akan tetapi anda tidak perlu khawatir, sebab saya tidak akan membiarkan diri anda merenung terlalu panjang jika anda memang ingin terjun ke medan ini, akan tetapi saya bisa membimbing anda perlahan, memberitahu celah-celah apa yang masih bisa anda sentuh sehingga anda bisa terlepas dari rasa stress itu sendiri.
Akan tetapi tentu saja, saya sekali lagi menyarankan anda untuk terjun ke ranah yang microniche-able, dan untungnya, blog berita termasuk blog yang bisa dijadikan microniche, anda hanya harus memilih anda akan terjun ke dunia berita yang mana. Disini, ada beberapa pilihan niche berita yang bisa diambil, dan seterusnya, bisa anda tambahkan sendiri.
1. Berita Entertainment
Berita tentang dunia hiburan, membahas seputar selebriti tanah air dan tetek bengeknya. Memiliki banyak saingan memang, dan bagi saya sendiri lebih baik artikelnya dijadikan video di Youtube juga. Usulan saya, kenapa tidak memikirkan BTS sebagai ladang berita? Army mereka dimana-mana, jadi bisa kolaborasi dengan mereka.
Jika anda seorang fanboy atau fangirl mereka, anda bisa memuat dunia hiburan mengenai mereka, dan tentunya, bisa menjual franchise sendiri entah dari casing handphone BTS, sampai lightsik BTS. Itu hanya salah satu usulan, dan jika anda tidak mau, terserah.
Ke ranah yang lain juga, berita entertainment bisa menyentuh dunia Instagram maupun dunia per-tiktokan. Sebab disana ada selebgram juga, jadi bisa masuk ke dunia hiburan.
2. Berita Olahraga
Berita olahraga seperti namanya membahas tentang dunia olahraga, bahkan saya menyarankan untuk menyentuh ranah E-Sport sebab pemuda dan anak-anak menyukainya. Namun saya rasa, bola, badminton, dan tinju, masih menjadi pilihan utama ranah olahraga.
Usulan saya jika anda terjun ke dunia ini, buat saja konten analisa, misalnya pertandingan antara MU dan Chelsea atau pertandingan antara Evos dan RRQ, buat saja analisa dengan tajam, siapa yang menang? Apa alasan mereka menang? Strategi apa yang diperkirakan akan digunakan? Itu pasti akan seru.
3. Berita Teknologi
Berita tekhnologi tentunya membahas mengenai dunia tekhnologi, berbicara mengenai mesin, entah itu mesin zaman dahulu maupun mesin terobosan baru. Sangat dekat kaitannya dengan microniche.
Usulan saya? Karena tekhnologi tidak akan pernah lepas dari jual beli, jadi bisa membuat konten afiliasi, atau anda bisa memberikan sejumput keberanian untuk berbincang dengan pemilik tekhnologi untuk berkolaborasi.
4. Berita Politik
Berita panas, maksud saya ranah politik sangat kuat dan ganas. Anda harus bisa menganalisa dengan baik keadaan yang terjadi di lapangan, menganalisa dan mengkritik, serta memahami betul ranah politik itu sendiri.
Usulan saya daripada langsung terjun ke ranah politik umum, anda bisa terjun ke ranah politik di desa anda, kecamatan, kabupaten, maupun pulau yang anda tempati. Hal itu agar anda tidak perlu melawan para dewa terlebih dahulu dan belajar melawan kroco-kroconya. Hal ini juga agar brand anda kuat sebelum melompat lebih tinggi. dan jika anda berhasil, anda bisa ke level yang lebih tinggi.
Setidaknya anda harus idealis menjadi seorang kritikus politik, sebab yang saya takutkan adalah anda akan memihak jika brand anda telah besar. Apalagi pada tahun-tahun tertentu, anda bisa jadi akan dipepet sana-sini oleh para politikus tersebut. Jadi, tetap waspada.
Kelebihan Niche Berita
Berita sebagai suatu medan pertarungan memiliki banyak kelebihan, sebab ketika berita tersebut beredar, maka akan terjadi booming secara besar-besaran sehingga menyebabkan siapapun ingin mendapatkan informasi dari apapun.
Pada tahun 2020, Corona, Omnibus Law, RUU KUHP, menjadi berita yang panas untuk diperbincangkan dimana-mana. Pada tahun 2021, kematian Vanessa Angel, hilangnya salah satu kapal selam Indonesia, adalah berita yang banyak menimbulkan persepsi dan paling banyak untuk dicari.
Jika melakukan optimasi konten maupun SEO yang pas, bukan hal yang aneh ketika anda akan dihujani oleh views yang meroket tajam sampai menabrak kubah langit. Hal itu pernah terjadi pada saya, namun sayang berita bukanlah hal yang panjang, sebab ia seperti kembang api yang meledak di langit, indah, namun tidak abadi.
Dan terakhir, anda bisa masuk kedalam Google News sehingga lebih mudah mendapatkan views untuk berita yang anda buat.
Kekurangan Niche Berita
Seperti yang saya katakan, niche berita membuat kita harus melewati medan yang telah dijelajahi oleh para dewa. Dan alih-alih bisa berhadapan dengan mereka, kita hanya akan melawan kroco-kroconya saja hingga sulit untuk mendapatkan hal yang kita inginkan.
Tidak hanya itu, niche berita bukan sebuah niche yang bisa bertahan lama karena memiliki sifat seperti kembang api yang meledak dilangit malam. Jika ia viral, viral, namun jika trending itu telah berakhir, siapa yang akan membaca berita yang tidak lagi menarik?
Niche berita juga harus membuat anda kuat posting, terlebih kalau ada berita yang menarik, sebab tentu blog anda akan dikalahkan oleh mereka yang terus menerus posting setiap hari. Apalagi posting setiap hari adalah bagian dari SEO.
Jika anda tidak mampu page one, sangat sulit untuk mendapatkan views, bahkan bisa jadi anda akan menertawakan berita yang telah anda tulis dan stress karena tidak memiliki pembaca satupun. Wajar sebenarnya anda tidak memiliki pembaca, sebab anda pendatang baru, itulah mengapa terkadang saya menyebut niche berita adalah niche bunuh diri, karena anda tiada ubahnya kecoak didalam dapur yang menjadi santapan kucing-kucing raksasa.
Tips Untuk Niche Berita
Saya setidaknya memiliki tips untuk anda jika anda memang masih ingin terjun di niche berita, dan semoga tips yang akan saya berikan memiliki andil besar untuk blog maupun website anda nantinya.
Pertama, jangan turun ke niche berita sendirian. Pokoknya jangan, sebab niche berita bukan niche yang ringan untuk dihadapi sendiri. Sekurang-kurangnya, anda harus mengajak beberapa kawan yang seideologi dengan anda, yang siap jatuh bangun dalam membuat blog maupun website tersebut.
Sebab kita juga tidak tahu kalau anda turun sendirian ke medan ini, anda bisa stress karena nggak ada views dan tidak ada pendapatan sama sekali, dan dikala itu terjadi, tidak ada kawan yang menopang anda untuk bangkit.
Kedua, saya sangat menyarankan anda terjun pada niche berita di daerah anda, entah dalam lini kabupaten, desa, atau kecamatan. Kenapa? Hal itu untuk anda memperkuat brand anda terlebih dahulu, agar masyarakat tahu siapa anda. Bahkan kalau bisa, usung aja kasus-kasus yang ada di daerah anda, lontarkan kritik dan serangan, sebab dengan begini, anda pun bisa mendapatkan entrust dari masyarakat sehingga website berita anda terkenal dan tahu mendukung siapa.
Ketiga, langsung beli domain. Jangan gunakan blogspot untuk memulai website berita karena memiliki integritas yang rendah. Blogspot sulit untuk dipercaya, padahal anda sedang membawa niche yang membutuhkan kepercayaan yang tinggi.
Keempat, pastikan anda tahu kepenulisan yang baik dan benar, tahu struktur kata, bisa menggiring berita atau opini kearah yang mendebarkan. Bahkan saya menganjurkan anda untuk belajar dari para jurnalis maupun wartawan di kota anda, sebab semakin berkualitas konten anda, anda akan semakin ditahu oleh banyak orang.
Kelima, tetaplah idealis dan jangan sampai terlalu memihak, bahkan ketika anda sudah menjadi sebuah website besar, integritas adalah hal yang harus anda jaga.
Keenam, cepatlah buat brand anda terkenal, dan jika anda memiliki teman yang berintegritas dan cukup banyak, bisa melebarkan sayap pada Instagram sebagai engangement atau jejaring sosial lainnya. Caranya tentu membuat divisi (Ada yang pegang blogger, ada yang pegang instagram), biar terstruktur.
Di Lombok misalnya terdapat InsideLombok, sebuah akun instagram yang terus membahas tentang Lombok dari segi berita dan banyak lagi. Hal ini tentu lebih aman daripada langsung terjun melawan website besar.
Ketujuh, bila anda membutuhkan uang, anda bisa berafiliasi dengan pedagang-pedagang yang ada di daerah anda atau politikus yang ingin mendapatkan entrust masyarakat. Namun ini hanya akan berguna bila brand anda telah besar.
Kedelapan, konsisten rajin upload konten, tapi tentu fokuskan pada keunikan website yang anda miliki. Rajin upload konten adalah bagian dari SEO, hal itu agar mudah membuat website anda terlihat oleh Google, apalagi jika anda menggunakan domain yang masih muda.
Kesembilan, Jangan lupa masuk kedalam Google News agar lebih mudah mendapatkan views dan memperluas jaringan yang anda miliki. Hal ini pula akan memperkuat integritas dan kredibilitas dari blog anda.
Kesepuluh, jika anda memiliki teman yang bisa desain, anda bisa mendesain sendiri gambar untuk niche berita anda, berikan data disana dan buat ia menarik. Hal ini akan membantu anda memiliki ciri khas tersendiri. Para website besar sering melakukan hal ini, contohnya seperti Tirto.Id.
Kesebelas, kuatkan mental anda, saya sudah kabarkan medan apa yang akan anda hadapi. Dan bisa jadi anda akan melawan para politikus yang jengah dengan kehadiran anda. Untuk hal itu, anda harus bertahan, karena website anda telah mulai diakui.
Kesimpulan
Sebenarnya saya skeptis pada niche blogger berita, sebab orang tertentu saja yang bisa membawanya ke ranah yang lebih tinggi dan serius. Kadang sebagai blogger awam, kita menjadikan uang sebagai ujung blogging sehingga kita kesusahan menggapai tujuan itu sendiri. Bak hamster, kita berlari pada tempat yang sama terus menerus.
Padahal, niche berita membutuhkan idealisme yang tinggi, harus berdiri pada prinsip dan tidak terpaku pada uang. Sebab dalam dunia berita, kredibilitas maupun Integritas adalah hal yang utama, bahkan walau brand yang telah kita miliki telah besar, kita bisa runtuh seketika bila kredibilitas tersebut ternodai.
Membuat sebuah brand yang besar tentu sulit, membutuhkan banyak waktu dan pengorbanan, melawan kemustahilan dengan menjadi underdog untuk website-website raksasa yang sedari dulu berjaya.
Memasuki niche berita seperti kita adalah seekor kecoak dihadapan kucing-kucing yang terganggu dengan kehadiran kita, mereka mengintai dari atas meja makan dan siap menerkam. Namun jika anda percaya pada kemampuan anda, kecoak tadi bisa menjelma raksasa, membuat kucing tadi kabur sembari terkencing-kencing untuk pergi ke pelukan mama mereka.
Dan beginilah artikel ini kami buat, semoga menjadi referensi akan kemana anda akan terjun nanti. Saya berharap konten ini bisa mendukung anda pada dunia blogging sehingga kita bisa berada pada jalur yang sama, dan tentunya, menuju kesuksesan yang kita inginkan.
Baca Juga : Adsenism, Blogger-Blogger Yang Mendewakan Adsense
Baca Juga : Cara Domain Blogger Muda Bersaing Dengan Domain Blogger Tua
Posting Komentar untuk "Analisis Niche Berita Untuk Blogger : Kelebihan dan Kekurangan Niche Berita"