Ciri Umum, Prinsip-Prinsip Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dalam Pemilihan Media Pembelajaran
Ciri Umum, Prinsip-Prinsip Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dalam Pemilihan Media Pembelajaran
Sebagai sarana, media pembelajaran juga memiliki karakteristik tersendiri, serta faktor maupun prinsip yang memiliki pengaruh dalam pemilihan media pembelajaran yang efektif.
Setidaknya ada beberapa ciri umum
media pembelajaran, di antaranya adalah :
1. Memiliki pengertian fisik
Dengan kata lain hardware atau perangkat keras, yaitu sesuatu yang dapat
dilihat dan diraba apapun wujudnya. Selama sesuatu itu bisa dilihat, bisa
disentuh, bisa diraba, maka sesuatu itu masuk ke dalam ciri umum media
pembelajaran. Contohnya papan tulis. papan tulis itu bisa disentuh, bisa
dilihat atau diraba tidak? kalau papan
tulis bisa dilihat, maka ia masuk kedalam ciri umum media pembelajaran. bisa
disentuh atau bisa diraba tidak ? kalau bisa disentuh, bisa diraba maka dia
juga termasuk kedalam media pembelajaran.
2. Memiliki pengertian non fisik (software)
atau dengan kata lain perangkat lunak yaitu kandungan pesan yang
terdapat dalam perangkat keras yang merupakan isi yang akan disampaikan kepada
siswa.
3. Penekanan media pembelajaran terdapat pada audio dan visual.
Media pembelajaran itu tekanannya
ada pada aspek audio atau visual, bisa
didengar atau bisa dilihat. Yang bisa didengar seperti radio misalnya, yang
bisa dilihat ya seperti papan tulis tadi atau miniatur-miniatur alat
transportasi dan lain-lain. Jadi kalau tidak bisa didengar ya dilihat, tidak
bisa di dengar dan dilihat ya tidak masuk dalam ciri umum media pembelajaran.
4. Media pembelajaran memiliki pengertian alat bantu pada proses pembelajaran belajar baik di dalam maupun di luar kelas.
Jadi media dalam hal ini,
posisinya sebagai alat bantu. Media tidak akan pernah menggantikan posisi guru.
Guru adalah guru. Guru harus hadir di depan siswa. Ketika guru menjelaskan
tentang alat transportasi, maka guru hadir di hadapan siswa untuk menjelaskan
alat transportasi. Agar dalam menjelaskan alat transportasi ini bisa dengan
gampang dan mudah dipahami oleh peserta didik, maka guru perlu menghadirkan
alat bantu itu tadi, yaitu paling tidak menghadirkan gambar tentang alat
transportasi atau miniatur alat-alat transportasi. Jadi kembali lagi, media
pembelajaran tidak bisa menggantikan posisi guru tetapi dia hanya sebagai alat
bantu.
5. Media pembelajaran digunakan dalam rangka komunikasi dan interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
Jadi, media ini dihadirkan dalam
proses komunikasi dan interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
Maksudnya adalah media yang digunakan haruslah ada, sebab dengan hal itu maka
media tersebut dapat menjadi asas komunikasi guru dengan siswa.
6. Media pembelajaran dapat digunakan secara massal atau perorangan.
Yang dimaksud dapat digunakan
secara massal di sini, jadi siswa bisa melihat secara bersama-sama apa yang
disajikan oleh guru. Misalnya guru menulis di papan tulis, siswa bisa
memanfaatkan secara bersama-sama tulisan guru di papan tulis. Kalau perorangan
ya siswa bisa menggunakan papan tulis untuk latihan mengerjakan soal misalnya.
Jadi siswa bisa maju ke depan kelas, Lalu memanfaatkan papan tulis sebagai alat
bantu di dalam latihan membuat atau menyelesaikan soal atau mengerjakan soal.
Prinsip-Prinsip Pemilihan Media Pembelajaran
Secara garis besar, ada 4 prinsip pemilihan media pembelajaran :
1. Menentukan jenis media dengan tepat.
Sebelum hadir dihadapan siswa
anda, guru perlu menentukan terlebih dahulu jenis media apa yang akan gunakan
nanti, Apakah anda mau menggunakan jenis
visual? audio ? atau audio visual? Jadi anda harus Tentukan terlebih
dahulu. jadi, Anda memilih jenis visual, audio atau audio visual tergantung
dari tuntutan tujuan pembelajaran. Jadi tidak boleh asal.
2. Menetapkan atau pertimbangkan subjek dengan tepat.
Anda harus tahu siapa si subjek,
atau siapa siswa yang akan anda hadapi. Apakah anda akan berhadapan dengan
siswa TK, SD, SMP, SMA atau mahasiswa mahasiswa S1, S2, atau S3 ?. Jadi anda
harus tahu dulu siapa audiens anda. Jadi, ketika jelas audiensnya maka akan
lebih gampang di dalam mempresentasikan media tersebut karena berbeda audiens,
berbeda juga cara penyajiannya.
3. Menyajikan media dengan tepat
Harus tepat, tidak boleh asal,
tidak boleh sembarangan. Oleh sebab itu, Guru harus memiliki ilmu tentang media
yang akan digunakan. Jadi kalau tidak memiliki ilmu tentang media tersebut
tentunya nanti bisa-bisa salah dalam penyajiannya. Umpamanya, kalau mau
menggunakan laptop sebagai media pembelajaran maka guru tersebut harus memahami
cara menggunakan laptop. Kalo gurunya tidak bisa menggunakan laptop, bagaimana
dia bisa menjadikan media dengan tepat. Jadi guru harus paham dulu ilmu tentang
media yang akan digunakan.
4. Menempatkan atau memperlihatkan media pada waktu tempat dan situasi yang tepat.
Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Dalam Pemilihan Media Pembelajaran
Secara garis besar ada 5 faktor yang mempengaruhi dalam pemilihan media pembelajaran :
1. Objektivitas
Dalam hal ini, media dipilih
bukan atas kesenangan atau kebutuhan
guru, melainkan atas dasar keperluan sistem belajar yang diperlukan siswa.
Murid sebagai objek haruslah dapat diberikan pengertian oleh guru dengan cara
sebaik-baiknya.
2. Program pembelajaran
Program pembelajaran yang akan
disampaikan kepada siswa harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Sebelum
kita menyampaikan materi di hadapan siswa, terlebih dahulu kita perlu membuat
RPP. Pertemuan hari ini apa, pertemuan minggu kedua apa, minggu ketiga apa,
disitu kan sudah ada panduannya di RPP. Dan itulah yang menjadi panduan di
dalam menghadirkan media pembelajaran.
3. Sasaran program
Media yang akan digunakan harus
dilihat kesesuaiannya dengan tingkat perkembangan siswa. Baik itu dari sisi
bahasa, simbol-simbol yang akan dihadirkan, cara dan kecepatan penyajiannya,
maupun waktu penggunaannya, itu harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa
4. Situasi dan kondisi
Berkaitan dengan situasi dan
kondisi ini, ada 2 hal yang harus diperhatikan:
1). Situasi dan kondisi sekolah
atau tempat dan ruang yang akan digunakan. Dalam hal ini, dilihat dari sisi
ukurannya, kelengkapan sarana prasarana di dalam ruangan tersebut, maupun
fentilasi ada dan tidaknya, ini yang menjadi perhatian kita
2). Situasi serta kondisi siswa
yang akan mengikuti pelajaran. Dalam hal
ini, jumlah siswanya ada berapa, motivasinya seperti apa, kegairahan siswanya
dalam belajar itu seperti apa, ini harus jelas. Ini juga merupakan faktor yang
mempengaruhi dalam pemilihan media pembelajaran
5. Kualitas Teknik
Nah, dalam hal ini barangkali ada
rekaman suara atau gambar-gambar dan alat-alat lainnya yang perlu penyempurnaan
sebelum digunakan. Misalnya suara atau gambar yang kurang jelas, keadaannya
telah rusak, ke tidak sesuai dengan alat yang lainnya, maka ini perlu kita
tinjau dan perhatikan, jadi ini kadang-kadang para guru tidak jeli, misalnya
kita mau menggunakan media proyektor dalam proses pembelajaran, Pada hari H
terkadang listriknya mati, ini juga masuk ke dalam Ranah kualitas teknik.
Kadang-kadang listriknya mati, akhirnya tidak bisa kita gunakan proyektor atau
kadang-kadang kalau mau menggunakan proyektor ruangannya terlalu cerah, itu
juga masuk ke dalam ranah kualitas teknik kalau misalnya warnanya cerah bisa jadi
isi pesan yang akan diproyeksikan melalui proyektor tidak akan terlihat dengan
jelas.
Sekian.
Baca Juga : Proses Pemilihan Media Pembelajaran : Tahapan, Syarat, dan Kriteria
Posting Komentar untuk "Ciri Umum, Prinsip-Prinsip Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dalam Pemilihan Media Pembelajaran"